Ternyata Ini Rahasia Dibalik Kecanggihan Smartphone Layar Lipat, Tertarik?

Smartphone Layar Lipat Canggih

Baru-baru ini masyarakat dibuat penasaran dengan kecanggihan smartphone layar lipat yang dikeluarkan oleh dua brand smartphone terkenal, yaitu Samsung dan Huawei. Tak tanggung-tanggung, bahkan harga ponsel lipat karya 2 brand ternama tersebut memiliki harga yang fantastis hingga puluhan juta rupiah. Tak heran karena memang smartphone keluaran terbaru tersebut sudah menggunakan teknologi tercanggih saat ini.

Teknologi yang digunakan pada smartphone keluaran terbaru memang dari tahun ke tahun akan semakin berkembang dan semakin canggih. Sebut saja misalnya lensa kamera berkualitas tinggi aplikasi hingga penggunaan streaming video dan lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu smartphone semakin canggih dalam menyematkan teknologi pada produk yang mereka rilis, termasuk teknologi ponsel layar lipat.

Teknologi ponsel layar lipat kini sedang ramai dibicarakan oleh semua produsen smartphone, yang pastinya berlomba-lomba untuk menyiptakan smartphone layar lipat mereka sendiri. Tak terkecuali perusahaan teknologi raksasa Google yang baru-baru ini juga berencana akan mengeluarkan produk ponsel lipat mereka.

Teknologi Foldable Phone

Smartphone layar lipat atau dalam bahasa kerennya foldable phone adalah produk smartphone canggih berkat teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED), di mana layar setipis kertas dapat diproyeksikan melalui dua sisi layar. Sehingga memungkinkan layar Smartphone untuk menampilkan gambar atau video di satu sisi serta menggunakan sisi yang lain sebagai kontrol.

Kecanggihan smartphone layar yang bisa dilipat memang cukup menyedot perhatian vendor smartphone kelas dunia, termasuk Google yang diam-diam juga menggarap sebuah foldable phone. Bahkan hal tersebut juga diutarakan secara langsung oleh salah satu petinggi Google yang membawahi divisi smartphone.

Terlepas dari hal itu apa yang menarik dari teknologi foldable phone ini? Salah satunya adalah fitur layar besar serta multitasking yang dapat dinikmati oleh pengguna. Jika dilihat dari sektor display-nya saja, maka smartphone dengan layar lipat ini memiliki tiga keunggulan yaitu pengalaman layar yang besar, aksi multitasking serta dual display.

Sehingga melalui perangkat ini dapat melipat gandakan ruang layar yang tersedia. Baik ketika layar dilipat maupun dibuka, maka pengguna dapat merasakan pengalaman yang berbeda.

Kerapatan Piksel, Ukuran Layar, dan Aspek Rasio

Jika berbicara lebih dalam tentang kecanggihan smartphone layar lipat ini, maka yang menjadi kunci sukses dikembangkannya produk tersebut yaitu kerapatan pixel, ukuran layar serta aspek rasio. Setiap aspek tersebut dipertimbangkan dalam mode terbuka. Sehingga Anda bisa membayangkan betapa rumitnya penggunaan teknologi yang disematkan pada foldable phone ini bukan?

Layar lipat menggunakan kerapatan pixel sebanyak 420 pixel per inci yang berarti bukan pixel paling rapat yang pernah disematkan di smartphone. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika kerapatan piksel tersebut dapat membawa ketajaman gambar yang sangat pas dan ideal untuk sebuah produk smartphone layar lipat.

Di sisi lain smartphone dengan layar bisa dilipat memiliki aspek rasio layarnya 21:9. Sehingga hal tersebut membuat smartphone lipat menjadi pemilik layar paling tinggi yang pernah disematkan pada produk smartphone.

Namun keadaan akan berubah jika layar dalam kondisi terbuka maka resolusi layarnya menjadi 1536 X 2152 dengan Bentang layar 7,3 inci serta aspek rasio 4,2 : 3. Dengan resolusi tersebut memungkinkan Smartphone Ini selayaknya tablet pada umumnya. Meskipun menggunakan dua mode yang berbeda, namun sepertinya Smartphone seperti Samsung dan Huawei lebih cenderung menyematkan fitur untuk memberi pengalaman menarik ketika smartphone dibuka.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk menggunakan foldable phone? Siap-siap merogoh dompet Anda lebih dalam jika ingin menikmati kecanggihan smartphone ini. Karena dengan smartphone layar lipat masa kini, tentu Anda akan merasakan pengalaman yang sangat berbeda dan lebih canggih.